Langsung ke konten utama

Aktivitas di sekolah



Kegiatan Ibadah Rutin di SMK 19


Assalammualaikum...
Selamat pagi semuaaaa  semoga pagi ini  tambah semangat dan memberi energi positif buat  kita. marilah kita awali pagi ini dengan  membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan  Tadarus Al Qur’an.
Kegiatan Tadarus Al Qur’an itu salah satu kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan oleh siswa  SMKN 19 loh, kegiatan ini berlangsung kurang lebih 15 menit dan dipimpin  oleh salah satu siswa yang  bisa mengaji dengan baik dan benar.  Salut  bingit buat siswa-siswa terpilih  memimpin baca Al Qur”an , karena selain bisa membaca mereka juga harus punya mental yang OK so mereka berani dan  gak malu buat memimpin baca Al Qur’an. Guys kalu denger suara mereka ngaji tuh  bikin  ademmm banget hati.  Kenapa sekolah  mewajibkan tiap pagi sebelum KBM baca Al Qur’an  pasti ada tujuannya  selain bikin kamu tambah lancar ngajinya , juga biar kamu terbiasa  ngaji tiap hari di rumah dan yang paling keren biar kamu tambah cinta Al Qur’an .
So yuk kita biasakan membaca Al Qur’an setiap hari di sekolah dan di rumah, karena  gak ada rugin ya deh kalau kita ngaji. Mulai dari sekarang, mulai dari yang kecil dan mulai dari diri sendiri.

tadarus pagi 







Setiap minggu ke dua  di hari jum’at siswa-siswa SMKN 19 juga punya kegiatan keagamaan Sholat Dhuha bersama di lapangan.  Aduh jum’at mubarok deh pokoknya, seluruh siswa setelah bel  berbunyi langsung otw ke lapangan, mereka siap-siap untuk melaksanakan Sholat Dhuha bersama, heboh kalau liat mereka berwudhu, sampe ngantri panjang di depan kran,maklum krannya kan tidak sebanyak jumlah siswa, tapi gak apa-apa justru itu pemandangan yang menyenangkan liat mereka antri berwudhu kayaknya sesuatu banget.
Kegiatan dhuha bersama ini, diawali dengan tadarus dulu, biasanya surat yaasin yang dibaca dan dipimpin oleh salah satu siswa juga, selesai tadarus dilanjutkan dengan kultum ( kuliah tujuh menit) seringnya sih lebih dari tujuh menit, nah kultum disampaikan oleh guru agama , materiinya yang pasti sekitar agama, selesai kultum langsung Sholat Dhuha bersama, biasanya 8 rokaat dengan 4 kali salam. Seluruh warga sekolah, guru, siswa, dan karyawan TU berdiri untuk melaksanakan sholat dhuha. Mereka sholat  dengan khusyu. Waktu semua berdiri di awal sholat indah banget ngeliatnya, secara walaupun mereka sekolah di sekolah umum tapi bisa sama-sama berjama’ah di lapangan terbuka, berasa di Mekkah ( Insya Allah seluruh keluarga besar SMKN 19 bisa kesana..Aamiin). Tujuan sholat Dhuha bersama ini selain sholat wajib mereka juga terbiasa melakukan sholat sunnah.

Semoga dengan pembiasaan kegiatan rutin keagamaan ini siswa-siswa SMKN 19 bertambah imannya dan menjadi muslim yang berkualitas.

Sholat Dhuha bersama 
Foto


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas XII, Kajian QS. ALiImran/3 : 190-191 dan Hadis tentang Berpikir Kritis,Objektif, dan seimbang

BAB 1 Kajian Q.S. Ali Imran/3 : 190-191 dan Hadits tentang Berpikir Kritis, Objektif, dan Seimbang Kompetensi Dasar 1.1      Terbiasa membaca Al-Quran sebagai pengamalan   dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis. 2.1      Bersikap kritis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3 : 190-191, serta hadits terkait. 3.1      Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3 : 190-191, serta hadits tentang berpikir kritis. 4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3 : 190-191, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.1.2    Mendemostrasikan hafalan Q.S. Ali Imra/3 : 190-191 dengan lancar. 4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang orang berakal ( ulil albab ) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3 : 190-191. A.   Kajian Q.S. Ali Imran/3 : 190-191 tentang Berpikir Kritis, Objektif, dan Seimbang. 1. Bacaan إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّي

MAteri kelas XII-kajian QS.Ali Imran/3 :159 dan Hadis tentang Demokrasi dalam Islam

BAB 2 Kajian Q.S. Ali Imran/3 : 159 dan Hadits tentang Demokrasi dalam Islam Kompetensi Dasar 1.1      Terbiasa membaca Al-Quran sebagai pengamalan   dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk bersikap demokratis. 2.1      Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3 : 159, serta hadits terkait. 3.1      Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3 : 159, serta hadits tentang bersikap demokratis. 4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3 : 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.1.2    Mendemostrasikan hafalan Q.S. Ali Imra/3 : 159 dengan lancar. 4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara demokratis dengan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3 : 159.      A. Kajian Q.S. Ali Imran/3: 159 Tentang Demokrasi dalam Islam     1. Bacaan فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِك

Materi QS. Lukman ayat 13-14

BAB 3 Kajian Q.S. Lukman/31 : 13-14 dan Hadits tentang Konsistensi Beribadah sebagai Perwujudan Syukur kepada Allah swt Kompetensi Dasar 1.2   Meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah swt. 2.2Berbuat baik kepada manusia sesuai perintah Q.S. Lukman/31: 13-14, serta hadits terkait. 3.2      Menganalisis dan mengevaluasi makna   Q.S. Lukman/31: 13-14, serta hadits tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah swt. 4.2.1    Membaca   Q.S. Lukman/31: 13-14, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.2.2    Mendemostrasikan hafalan Q.S. Lukman/31: 13-14 dengan lancar. 4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban berbadah dan bersyukur kepada Allah swt.dengan berbuat baik kepada terhadap semua manusia   sesuai pesan   Q.S. Lukman/31: 13-14 A. Kajian Q.S. Lukman/31: 13-14 Tentang Konsistensi Beribadah   sebagai Perwujudan Syukur kepada Allah swt.         1.Bac