RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 19 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
X/1
Mater Pokok :
Kajian QS Al Hujurat : 12 , tentang Berprasangka Baik (Husnuzhan)
Alokasi Waktu :
2 x 3 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuanf
actual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kode
|
Kompetensi Dasar
|
No
Kode
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
|
Membaca Al Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),prasangka baik
(husnuzhan),dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
|
1.1.1
|
Terbiasa membaca tadarus
Al Qur’an dengan Meyakini bahwa berprasangka baik ( Husnuzhan) adalah perintah agama yang harus diamalkan ( A5 Karakterisasi
Menurut Nilai )
|
2.1.
|
Menunjukkan perilaku
kontrol diri (mujahadah an nafs),prasangka baik (Khusnuzon), dan persaudaraan
(Ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS. Al Anfal:72,Qs. AL Hujurat :10
dan 12 serta Hadist terkait.
|
2.1.1
|
Menampilkan perilaku Berprasangka
baik ( Husnuzhon ) kehidupan sehari-hari (A2 Merespon
)
|
3.1
|
Menganalisa QS Al Anfal :72 Qs. AL Hujurat :10 dan 12 serta Hadist terkait.tentang
kontrol diri (mujahadah an nafs),prasangka baik (Khusnuzon), dan persaudaraan
(Ukhuwah)
|
3.1.1
|
Menggambarkan pengertian
berprasangka baik (Husnuzhan) ( C3 Penunjang )
|
3.1.2
|
Menelaah asbabun nuzul QS.Al
Hujurat : 12 tentang Husnuzhan (Berprasangka baik ) ( C 4 Kunci )
|
||
3.1.3
|
Menyimpulkan
isi kandungan QS QS.Al Hujurat :12 ( C 4
Kunci ) )
|
||
|
3.1.4
|
Menganalisa perilaku
berprasangka baik (Husnuzhan) dalam kehidupan sehari-hari (C 4 Kunci )
|
|
4.1
|
Membaca QS Al Anfal :72, Al Hujurat :10,
dan 12 sesuai dengan kaidah
hukum tajwid dan makhrajul huruf
|
4.1.1
|
Mencoba
bacaan QS Al Hujurat
:12 serta hadis terkait sesuai dengan kaidah tajwid
dan makhrajul huruf ( KA 3 )
|
4.1.2
|
Menalar hukum
bacaan tajwid QS Al Hujurat :12 tentang
berprasangka baik (Husnuzhan) ( KA 4 )
|
||
4.2.
|
Mendemonstrasikan hafalan QS Al Anfal :72, Al Hujurat :10, dan 12 sesuai
dengan fasih dan lancar
|
4.2.1
|
Menyajikan
hafalan ayat QS Al Hujurat :
12 dengan
lancar dan benar( KA 5)
|
4.2.2
|
Menyajikan hafalan
terjemah ayat QS.Al Hujurat : 12 dengan lancar dan benar ( KA 5 )
|
||
4.3.
|
Menyajikan
hubungan antara kualitas keimanan denga kontrol diri (mujahadah an nafs),prasangka
baik (Khusnuzon), dan persaudaraan (Ukhuwah) sesuai dengan pesan QS, Al Anfal
:72, QS: Al Hujurat : 10 dan 12 serta Hadis terkait
|
4.3.1
|
Memperagakan tokoh yang
memiliki keterkaitan antara perilaku keimanan dengan prasangka baik
(Husnuzhan )( KA 5)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.1.1 Melalui
pembiasaan Tadarus Al Qur’an setiap pagi peserta didik dapat meyakini bahwa BerHusnuzhan kepada Allah
adalah kewajiban yang harus dijalankan
dengan baik dan penuh tanggung jawab
2.1.1.1
Melalui tugas tugas kelompok tentang manfaat dan akibat berprasangka baik
kepada Allah peserta didik dapat
menampilkan perilaku berperasangka baik (Husnuzhon) dalam kehidupan sehari-hari
dengan baik dan penuh tanggung jawab
3.1.1.1
Melalui diskusi kelopok peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari
berprasangka baik (Husnuzhan)
3.1.1.2
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menelaah Asbabun Nuzul QS Al Hujurat : 12 dengan benar
sesuai Tafsir Al Qur’an dan penuh
Disiplin
3.1.1.3
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyimpulkan isi
kandungan QS Al Hujurat : 12 dengan benar sesuai Tafsir Al Qur’an dan penuh
tanggung jawab
3.1.1.4
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisa perilaku
berprasangka baik dengan benar sesuai
QS.Al Hujurat : 12 dan dengan tanggung jawab
4.1.1.1 Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mencontohkan cara
membaca Al Qur’an QS. Al Hujurat : 12 dengan
benar sesuai kaidah hukum tajwid dan makhraj huruf dan komunikasi yang baik
4.1.2.1
Melalui make and match dalam mencari
pasangan kartu peserta didik dapat menentukan hukum tajwid dari QS. Al Hujurat :
12 dengan benar sesuai kaidah hukum tajwid dan kedisiplinan
4.2.1.1
Melalui metode Short Card dalam mengurutkan
ayat-ayat yang tidak beraturan peserta didik
dapat menghafal QS. Al Hujurat : 12 dengan benar dan gotong royong
4.2.2.1
Melalui pengamatan dari buku paket agama Islam Kelas X peserta didik
dapat
menghafal terjemah QS. Al Hujurat : 12 dengan
benar dan penuh tanggung jawab
4.3.1.1
Melalui metode roleplay peserta
didik dapat mencontohkan perbuatan berHusnuzhon kepada Allah dengan benar dan
penuh tanggung jawab
D. Materi
Pembelajaran
Husnuzhan kepada Allah swt QS. Al Hujurat: 12
Konsep : Memahami
kandungan makna dari QS Al Hujurat : 12 sebagai bentuk Husnuzhan kepada
Allah
Fakta :
Ø Lemahnya keimanan dan pemahaman agama
mengakibatkan manusia mudah berprasangka buruk kepada Allah ketika mendapat musibah
Ø Sikap berprasangka buruk kepada
orang lain menjadi sebuah fenomena dimana –mana
Prinsip/dalil/teori/hukum : QS. Al Hujurat : 12
Prosedural : Umat manusia harus memiliki akhlak yang
baik kepada Allah, kepada Rassul Nya dan kepada sesama
Metakognitif :
1.
Terwujudnya
masyarakat yang
harmonis dan tenteram.
2.
Memperoleh
kebahagiaan lahir dan batin
3.
Dicintai
Allah SWT dan sesama manusia
4.
Menghindari sikap berprasangka buruk kepada Allah dan sesama manusia
E.
Metode Pembelajaran
Cooperative learning, short Card, Make and Match,diskusi,role play
Model :Problem Base Learning
F.
Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1.
Media : Gambar/Poster, CD Pembelajaran Interaktif
Tajwid/Video, Power Point
2.
Alat dan Bahan : LCD, Laptop, karton, potongan kartu
3.
Sumber Belajar :
a.
Al Qur’an dan Terjemahnya, Kemenag RI, Halaman 128
b.
Syaamil Al Qur’an Miracle The Reference, Sygma Examedia,
c.
Buku PAI dan Budi Pekerti SMK Kelas X, penerbit Erlangga,
halaman
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
Pendahuluan (
Appersepsi dan Motivasi )
|
Appersepsi
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk mengawali
pembelajaran (religious dan comunication)
2.
Melakukan
pengkondisian peserta didik (membersihkan sampah di sekitar kelas, merapihkan
baju dan atribut sekolah)–(Lingkungan Hidup, PPK). (tanggung jawab dan
nasionalis)
Motivasi
1.
Memberi pesan moral tentang Berprasangka baik
(Husnuzhan) (communication dan religius)
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (communication dan
kemandirian)
3.
Menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan diperoleh. (communication dan kemandirian)
4.
Menyampaikan kompetensi dasar dan IPK yang akan digunakan. (communication dan kemandirian)
5.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan. (communication dan
kemandirian)
|
10 menit
|
2.Kegiatan Inti, meliputi :
A. Merumuskan
masalalah
|
1.
Guru membentuk kelompok. (collaboration dan gotong royong
2.
Memperhatikan salah satu
peserta didik dalam membaca
QS. Al
Hujurat : 12 (literasi dan religius)
3.
Peserta didik menggali informasi mengenai bacaan model secara berkelompok. (critical thinking dan kemandirian)
4.
Peserta didik mengaitkan kesesuaian cara membaca model dengan QS Al Hujurat : 12 (critical thinking dan
kemandirian)
|
65 menit
|
B.Mengembangkan
kemungkinan penyebab
|
1.
Guru menyampaikan permasalahan tentang bagaimana cara membaca Aqur’an,
QS
Al Hujurat : 12 mencari hukum tajwid, menerjemahkan,
asbabun nuzul ayat serta kandungan
ayat terkait. (kemandirian dan critical thinking)
2.
Guru menugaskan peserta didik untuk menganalisis QS
Al Hujurat : 12 (tanggung jawab dan creativity)
3.
Peserta didik secara berkelompok menganalisis QS
Al Hujurat : 12 (gotong royong dan critical thinking)
4.
Peserta didik secara berkelompok mengembangkan tugasnya ke dalam karton. (gotong royong dan collaboration)
5.
Ketika diskusi kelompok sedang
berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan
diingatkan guru agar dapat bekerjasama, tolran, peduli, responsif dan
bertanggung jawab untuk melakukan tugas diskusi kelompok.
|
|
C.Mengetes penyebab / proses
diagnosa
|
·
Perwakilan kelompok mempersentasikan kerja kelompok di hadapan
teman-teman.
·
(Kelompok I
mempresentasikan hasil diskusi tentang bacaan yang baik dan benar sesuai
kaedah Ilmu Tajwid dan Makharijul Huruf, serta
kandungan tajwid dari
QS
Al Hujurat : 12
· Kelompok II
mempresentasikan hasil analisa tentang asbabun nuzul ayat QS Al Hujurat : 12 tentang
ber Husnuzhan dan pengertian dari Berprasangka baik (Husnuzhan)
· Kelompok III
mempresentasikan hasil identifikasi tentang makna/terjemah dan isi kandungan Hadits
tentang Berhusnuzhan
· Kelompok IV mempresentasikan hasil analisa
tentang sikap dan
perilaku yang mencerminkan isi kandungan QS Al Hujurat : 12 ; serta haditsdan
memeragakannya ( tanggung jawab dan comunicatin)
· Peserta didik dari
kelompok lain memperhatikan hasil persentasi dengan seksama. (literasi dan integritas
· Selama
pembelajaran berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terhadap peserta
didik terkait dengan kerjasama, tanggung jawab, toleran, santun dan
responsive peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal
yang terjadi di kelas (penilaian proses). Juga memperhatikan cara peserta
didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian
mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta
didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume,
langsung diingatkan.
|
|
D.Mengevaluasi
|
Peserta
didik dari kelompok lain memberikan tanggapan (critical
thinking)
|
|
3.
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi dan membimbing Peserta didik untuk membuat kesimpulan. (critical thinking dan tanggung jawab)
2.
Guru Memfasilitasi dan membimbing salah satu Peserta didik untuk merefleksi proses
pembelajaran. (kemandirian dan collaboration)
3.
Guru memberikan penilaian teknik
lisan
4.
Guru menugaskan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa penutup. (communication dan religius)
|
15 menit
|
Pertemuan II
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
Pendahuluan
|
APPERSEPSI
2. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk mengawali pembelajaran (religious dan comunication)
3. Melakukan pengkondisian peserta didik (membersihkan
sampah di sekitar kelas, merapihkan baju dan atribut sekolah)–(Lingkungan
Hidup, PPK). (tanggung jawab dan nasionalis)
MOTIVASI
4. Memberi pesan moral tentang berprasangka baik . (communication
dan religious)
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (communication dan
kemandirian)
6. Menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan
diperoleh. (communication dan kemandirian)
7. Menyampaikan kompetensi dasar dan IPK yang akan digunakan.
(communication dan kemandirian)
8. Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan. (communication dan
kemandirian)
|
10 menit
|
2. Kegiatan Inti, meliputi
:
A. Merumuskan
masalalah
|
1.
Peserta didik memperhatikan Buku paketPAI Kelas
X Bab II materi QS Al Hujurat : 12 tentang Husnuzhan (literasi dan religius)
2.
Guru membentuk kelompok. (collaboration dan gotong royong)
3.
Peserta didik membaca dan menghafal secara berkelompok. (critical
thinking dan kemandirian)
|
65 menit
|
B.Mengembangkan
kemungkinan penyebab
|
1.
Guru memfasilitasi dan menyampaikan sintak
short Card dalam
materi QS
Al Hujurat : 12 kemudian membagikan
kartu secara acak kepada masing-masing kelompok (kemandirian dan critical
thinking)
2.
Guru menugaskan setiap kelompok untuk menyusun potongan
ayat yang tidak beraturan menjadi susunan yang benar dari QS Al Hujurat : 12 (tanggung jawab dan creativity)
3.
Peserta didik secara berkelompok menganalisis QS
Al Hujurat : 12 dengan menyusun
menjadi benar dan menempelkan di papan tulis sesuai dengan waktu yang
ditentukan (gotong royong dan
critical thinking)
4.
Peserta didik secara berkelompok menempelkan
karton potongan ayat ke papan tulis
secara berlomba-lomba. (gotong royong dan collaboration)
5.
Ketika diskusi kelompok sedang
berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan
diingatkan guru agar dapat bekerjasama, peduli, responsif dan bertanggung
jawab untuk melakukan tugas kelompok.
|
|
C.Mengetes penyebab / prose diagnosa
|
1.
Guru memfasilitasi dan menyampaikan sintak Make and Match dalam materi QS Al Hujurat : 12 kemudian membagikan pasangan kartu ayat dan
hukum tajwid serta pasangan kartu ayat
dan arti kata kepada setiap peserta
didik secara acak dan tertutup( kemandirian dan critical thinking)
2.
Guru mempersilahkan peserta didik untuk mencari pasangannya (tanggung jawab dan comunicatin)
3.
Peserta didik berdiri dan mencari pasangan kartunya keliling kelas (tanggung
jawab dan comunicatin,critical thinking
)
4.
Peserta didik yang telah menemukan pasangannya langsung berdiri di
depan dan akan mendapat reward dari guru (tanggung
jawab dan comunicatin)
5.
Peserta didik yang tidak menemukan pasangannya berdiri di
belakang kelas dan akan mendapat punishment berdasarkan kesepakatan bersama (
tanggung jawab dan comunicatin )
6. Selama
pembelajaran berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terhadap peserta
didik terkait dengan kerjasama, tanggung jawab, toleran, santun dan responsive
peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi
di kelas (penilaian proses).
|
|
D.Mengevaluasi
|
Peserta
didik menghafal QS Al Hujurat : 12 secara individu (critical thinking)
|
|
3.Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi dan membimbing Peserta didik untuk
merangkum (critical thinking
dan tanggung jawab)
2.
Guru memfasilitasi dan membimbing salah satu Peserta didik untuk merefleksi proses
pembelajaran. (kemandirian dan collaboration)
3.
Guru menugaskan salah satu
Peserta didik untuk memimpin doa penutup. (communication dan religius)
|
15 menit
|
H.
Penilaian
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi siswa (Bukti terlampir pada Buku Praktikum dan
Penilaian PAI dan Budi Pekerti). Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyususn laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas (Terstruktur)
·
Mengisi
rubik tentang
Berprasangka baik (Husnuzhan).
·
Mengidentifikasi
bacaan tajwid yang terdapat dalam QS Al Hujurat
: 12
1.
Penilaian Sikap
a.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi terkait dengan:
Menganalisis
isi kandungan QS
Al Hujurat : 12 serta Hadits tentang Husnuzhan
Makna Husnuzhan dan menerapkannya dalam kehidupan.
b.
Penilaian
antar teman (lembar penilaian antar teman terlampir)
c.
Penilaian
diri (lembar penilaian diri terlampir)
d.
Jurnal
(lembar jurnal terlampir)
2.
Penilaian pengetahuan
Tes tulis; essay (soal, kunci, penskoran terlampir)
3.
Penilaian keterampilan
a.
Projek Membuat Kaligrafi QS.Al Hujurat : 12
b.
Praktik
· Membaca QS Al Hujurat : 12 sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf.
· Menghafal QS Al Hujurat : 12 sesuai
kaidah tajwid dan makharijul huruf.
c.
Portofolio
· Tuliskan semua aktivitas keagamaan, baik di
sekolah, rumah, dan masyarakat di buku Penilaian Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti (Tugas mandiri).
Catatan:
· Apabila nilai peserta didik belum mencapai
KKM, maka diadakan remedial (bila 20% remedial bersifat individual, 50%
bersifat kelompok dan di atas 50% bersifat klasikal), dengan cara dijelaskan
kembali oleh guru dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan
hari tertentu yang disesuaikan.
· Apabila nilai peserta didik sudah mencapai
KKM 80 diadakan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas X atau tugas yang telah disiapkan guru.
Jakarta, April 2019
Mengetahui
Kepala
SMKN
19 Guru
Mata Pelajaran
Drs. Suhendar Titin Nafisah
Lampiran Rubrik Peilaian Diri
Format Rubrik Berprasangka
Baik
Isilah dengan memberikan tanda (Ö) pada kolom jawaban yang sesuai dengan keadaan kalian!
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak pernah
|
||
1
|
Bila saya
mengalami musibah saya tetap berprasangka baik kepada Alllah .
|
|
|
|
|
2
|
Ada seseorang
yang menawarkan minuman di dalam bis, saya berprasangka baik dengan menerima minuman tersebut
|
|
|
|
|
3
|
Apabila saya
berdo’a kepada Allah dan tidak dikabulkan saya tetap berprasangka baik
mungkin Allah akan mengganti yang lebih baik.
|
|
|
|
|
4
|
Walaupun secara
fisik saya memiliki kekurangan mungkin hidung saya pesek atau tubuh saya
gendut saya tetap berprasangka baik kepada Allah
|
|
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA
Sekolah : SMKN 19 Jakarta
Materi : QS. Al Hujurat :12 tentang
Berprasangka baik (Husnuzhan)
Kelas : X/ 1
KD :
Menganalisa QS. Al Hujurat :12
- Kelompok :
Anggota Kelompok :
1. 4.
2. 5.
3. 6.
B. Alat
dan Bahan : Karton dan Spidol
C. Langkah-langkah :
Menganalisa QS. Al Hujurat :12
D. Pertanyaan :
- Tulislah ayat Al Qur’an QS.
Al Hujurat : 12 dengan benar ?
- Bacalah ayat Al Qur’an QS.
AL Hujurat : 12 dengan benar ?
- Tentukanlah hukum tajwid
yang ada dalam QS. Al Hujurat :12 ?
- Sebutkan asbabunnuzul dari
QS. AL Hujurat: 12?
- Jelaskan pengertian dari
Husnuzhan ?
- Tuliskan terjemah ayat dari QS. AL Hujurat: 12?
- Tentukanlah perilaku yang
termasuk dalam kategori berprasangka baik dan tampilkanlah perilaku tersebut
?
LEMBAR
KERJA KETERAMPILAN SISWA
Sekolah : SMKN 19 Jakarta
Materi : QS. Al Hujurat :12 tentang
Berprasangka baik (Husnuzhan)
Kelas : X/ 1
KD :
Menganalisa QS. Al Hujurat :12
- Kelompok :
Anggota Kelompok :
1. 4.
2. 5.
3. 6.
B. Langkah –langkah
1. Amatilah dengan sungguh-sungguh
model dari kelompok lain yang bertugas membacakan ayat AL Qur’an dari QS. Al
Hujurat : 12 !
2. Berilah penilaian model tersebut berdasarkan indikator di bawah ini !
Kelompok
|
SKOR PENILAIAN
|
|
|||||
Tidak ada kesalahan
|
Kesalahan 1-5
|
Kesalahan 6-10
|
Kesalahan 11-15
|
Kesalahan 16-20
|
Kesalahan lebih dari 20
|
Keterangan
|
|
100
|
90
|
80
|
70
|
60
|
50
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran Penilaian Aspek Sikap
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA KELOMPOK)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ 1
Topik : BerHusnuzhan

Kelompok : ……………………………………
Nama
Siswa : ……………………………………
1.
………………………………………… 4.
…………………………………………

2.
………………………………………… 5. …………………………………………
3.
………………………………………… 6. …………………………………………
Petunjuk pengisian:
Berilah
tanda chek list (Ö) pada kolom yang sesuai
dengan perilaku siswa dalam kerja kelompok selama proses pembelajaran
berlangsung.
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Hasil pengamatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Interaksi siswa dalam
konteks pembelajaran kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Kesungguhan dalam
mengerjakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Kerjaama antar siswa dalam
belajar kelompok
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai pendapat teman
dalam satu kelompok
|
|
|
|
|
5
|
Menghargai pendapat teman
dalam kelompok lain
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
||||
Nilai Akhir (total /5)
|
|
RUBRIK PENILAIAN PENGAMATAN
SIKAP
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(TUGAS KELOMPOK)
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
Interaksi
siswa dalam konteks pembelajaran kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Kerjasama
antar siswa dalam belajar kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Kesungguhan
dalam mengerjakan tugas kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Menghargai
pendapat teman dalam kelompok lain
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Ketepatan
argumentasi
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
MK = 4,00
MB = 3,00 – 3,99
MT = 2,00 –
2,99
BT = 1,00 –
1,99
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
No
|
Nama Siswa
|
Skor Aktivitas
Siswa
|
Jml
|
NA
|
||||
Interaksi
|
Kerjasama
|
Kesungguhan
|
Menghargai
dalam kelompok
|
Menghargai
kelompok lain
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|

DAFTAR NILAI SISWA ASPEK SIKAP DALAM
PEMBELAJARAN
TEKNIS NON TES BENTUK PENGAMATAN
Kualifikasi
Nilai Akhir (NA) Penilaian Sikap
Skor
|
Kualifikasi
|
1.0
– 1,99
|
Sikap Kurang (K)
|
2,00 – 2,99
|
Sikap Cukup (C)
|
3,00 - 3,99
|
Sikap Baik (B)
|
4,00
|
Sikap Sangat Baik (SB)
|
INSTRUMEN ANTAR TEMAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Topik : Berprasangka Baik (Husnuzhan)
Nama
Siswa :
NIS :
A.
Petunjuk
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti.
2. Berikanlah tanda cek (Ö) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
KD/Pernyataan
|
Tanggapan
|
Verifikasi Guru
|
||||
1
|
Melaksanakan syari’at Islam
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
Ya
|
Tidak
|
2
|
Mentaati peraturan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Perduli terhadap kebersihan lingkungan
sekitar
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Membantu teman yang sedang menghadapi
kesulitan dalam belajar
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Membantu teman yang sedang menghadapi
kesulitan ekonomi atau menghadapi masalah
|
|
|
|
|
|
|
B.
Tabel
Pedoman Penyekoran
Tanggapan
|
Keterangan
|
Skor
|
SL
|
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
|
4
|
SR
|
Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
|
3
|
KD
|
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
|
2
|
TP
|
Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
1
|
C.
Tabel
Penilaian
Skor
|
Nomor
|
Jumlah
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
|
|
Capaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = S Skor Pernyataan/Skor Maksimal * 4
INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : X
Topik :
berprasangka
baik (Husnuzhan)
Nama
Siswa :
NIS :
A.
Petunjuk
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti.
2. Berikanlah tanda cek (Ö) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
KD/Pernyataan
|
Tanggapan
|
Verifikasi Guru
|
||||
1
|
Saya menjalankan shalat lima waktu
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
Ya
|
Tidak
|
2
|
Saya melaksanakan shalat sunnah baik di
rumah atau di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaksanakan tadarrus di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya melaksanakan tadarrus di rumah
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya mendengarkan atau membaca tentang
siraman rohani
|
|
|
|
|
|
|
B.
Tabel
Pedoman Penyekoran
Tanggapan
|
Keterangan
|
Skor
|
SL
|
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
|
4
|
SR
|
Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
|
3
|
KD
|
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
|
2
|
TP
|
Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
1
|
C.
Tabel
Penilaian
Skor
|
Nomor
|
Jumlah
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
|
|
Capaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = S Skor Pernyataan/Skor Maksimal * 4
KISI-KISI
SOAL LATIHAN QS. AL HUJURAT :12 Tentang
Berprasangka Baik ( Husnuzhan )
Kelas : X /1
KOMPETENSI DASAR
|
IPK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NO.SOAL
|
3.1
Menganalisa QS. Al Hujurat : 12
|
3.1.1
Menggambarkan pengertian Husnuzhan
|
Ditampilkan potongan ayat dari QS. Al Hujurat :12,
peserta didik dapat menjelaskan arti dari berprasangka
baik
|
Essay
|
1
|
|
SDA
|
Ditampilkan potongan
ayat dari QS.Al Hujurat;12, peserta didik dapat menjelaskan pengertian
dari Tajassasu
|
Essay
|
2
|
|
3.1.2
Menjelaskan
tentang AsbabunNuzul QS.Al Hujurat :12
|
Ditampilkan terjemah QS. Al Hujurat : 12 peserta didik
dapat menjelaskan asbabun nuzul dari ayat tersebut
|
Essay
|
3
|
|
3.1.3
Menyimpulkan
isi kandungan QS. Al Hujurat :12
|
Ditampilkan sifat-sifat perbuatan tercela, peserta
didik dapat menentukan yang termasuk perbuatan buruk dari kandungan QS. Al
Hujurat : 12
|
Essay
|
4
|
|
3.1.4
Mengidentifikasi perilaku berprasangka baik (Husnuzhan) dalam kehidupan
sehari-hari
|
Ditampilkan wacana tentang berprasangka baiik (Husnuzhan),
cerminan kandungan ayat dari QS. Al
Hujurat :12 ,peserta didik dapat
menunjukkan perilaku berprasangka baik
yangsesuaidengan QS. Al Hujurat 12
|
Essay
|
5
|
INSTRUMEN PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Topik : Kajian QS Al Hujurat : 12 tentang
Husnuzhan
Nama
Siswa : …………………………………………..
Kelas : …………………………………………..
Nomor
Absen : …………………………………………..
Petunjuk
Mengerjakan :
1.
Kerjakan
soal-soal berikut dengan cermat, teliti, jujur dan secara mandiri
2.
Perhatikan
intruksi dari GPAI dan sikap dalam mengerjakan soal akan diamati oleh guru
Soal :
Lawan dari Berprasangka buruk adalah
Berprasangka baik, arti dari berprasangka baik adalah ?
Apa yang dimaksud dengan Tajassasu?
- “ Wahai orang-orang yang
beriman jauhilah olehmu berprasangka,sesungguhnya sebagian prasangka itu
dosa...” (QS. Al Hujurat:12). Tuliskan asbabun nuzul dari ayat di atas?
- Munafik, pembohong, ghibah,
tajassus, fitnah, merupakan contoh sifat dari perebuatan buruk, manakah sifat
perbuatan buruk yang sesuai dengan kandungan QS. Al Hujurat :12 ?
- Hari ini pengumuman UN Mita
lulus dengan nilai bagus, dia merasa itu semua karena usahanya setimpal
dengan perjuangannya belajar
sungguh-sungguh, Amri tidak lulus UN dia kecewa dan hampir bunuh diri,
Indah juga tidak lulus UN dia hanya pasrah kepada Allah dan yakin ada
rencana indah yang Allah siapkan untuknya, Aqilah lulus UN dengan nilai
baik, dia merasa itu hanya karena sayang Allah kepadanya. Siapakah
diantara mereka yang telah bersikap berprasangka baik sesuai dengan QS.Al
Hujurat :1
Kunci
Jawaban dan Pedoman Penskoran
Penilaian
Kemampuan Pengetahuan
Kunci
Jawaban :
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Selalu berfikir
positif terhadap segala keputusan Allah
|
10
|
2
|
Tajassus adalah :
mencari cari kesalahan orang lain dan membuka aibnya
Ghibah
adalah :Menyampaikan keadaan orang
tentang sesuatu yang tidak disukainya dibelakangnya
|
20
|
3
|
Menurut Ibnu
Munzir dan Ibnu Juraij. Ayat ini turun berkaitan dengan kebiasaan Salman Al
Farisi yang makan lalu tidur dengan mendengkur. Sebagian orang
membicarakannya, maka turunlah ayat ini yang melarang umat islam untuk
menggunjing dan mengumpat
|
20
|
4
|
Ghibah, Tajassasus dan
fitnah
|
20
|
5
|
Indah
|
30
|
|
Total skor
|
100
|
Penskoran Nilai =
Jumlah Skor
L (Lulus) = Nilai >80
U (Ulang) = Nilai <80
Lampiran Penilaian Aspek Keterampilan
Lampiran
Penugasan Projek
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK
KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PROJEK
(KERJA Kelompok)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : X/ 1
Kelompok : …………………………………………..
Nama
Siswa : …………………………………………..
1.
…………………………………………..
2.
…………………………………………..
3.
…………………………………………..
|
4.
……………………………………………
5.
……………………………………………
6.
……………………………………………
|
Petunjuk
Penugasan Kelompok
:
1.
Bersama
teman Anda, carilah informasitentang berprasangka baik dari berbagai sumber. Kemudian buatlahlaporannya. Kumpulkan pada saat pertemuan berikutnya
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai/Skor Maksimal
|
Jumlah Skor
|
|||
Kelengkapan
|
Kesesuaian materi
|
Kualitas Tulisan
|
Ketepatan waktu
|
|||
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Aspek Ketrampilan
Dalam Bentuk Penugasan Projek
(Kerja Kelompok)
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
I.
Kelengkapan
|
Ada semua komponen tugas
|
3
|
Ada satu bagian komponen tidak ada
|
2
|
|
Ada lebih dari satu bagian yang tidak ada
|
1
|
|
II. Kesesuaian dengan materi
|
Tugas yang dikumpulkan sesuai dengan
materi
|
3
|
Tugas keluar dari materi
|
2
|
|
Tidak sesuai materi
|
1
|
|
III. Kualitas materi laporan
|
Lengkap, logis, sistematis, sesuai tujuan
|
3
|
Logis, sistematis, sesuai tujuan, tidak
lengkap
|
2
|
|
Logis, tidak sistematis, tidak
sesuaitujuan, kurang lengkap
|
1
|
|
IV. Ketepatan waktu
|
Tugas dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Terlambat melebihi waktu
|
2
|
|
Tidak mengumpulkan tugas
|
1
|
|
2 = Sedang 1 = Kurang baik
Lampiran Penilaian Praktik
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK
KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PRAKTIKUM
(KERJA
INDIVIDUAL)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Topik : Kajian QS Al Hujurat : 12 tentang
Berprasangka baik
Nama
Siswa : …………………………………………..
Kelas : …………………………………………..
Nomor
Absen : ………………………………………….
Soal
Bacalah
QS Al Hujurat :
12 sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf!
Hafalkan
QS Al Hujurat :
12 sesuai kaidah tajwid dan
makharijul huruf
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
Ø Kelancaran
Ø Bacaan tajwid
Ø Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1 – 5 kesalahan tajwid dan makhraj
|
90
|
|
·
Melakukan 6 – 10 kesalahan tajwid dan makhraj
|
80
|
|
·
Melakukan 11 – 15 kesalahan tajwid dan makhraj
|
70
|
|
·
Melakukan 16 – 20 kesalahan tajwid dan makhraj
|
60
|
|
·
Melakukan lebih dari 20 kesalahan tajwid dan
makhraj
|
50
|
Penskoran : Nilai =
Jumlah Skor
L (Lulus) = Nilai >80
U (Ulang) = NIlai <80
Komentar
Posting Komentar