Langsung ke konten utama

RPP HOTS Pendidikan Agama KLS X QS.Al Hujurat : 12 tentang berprasangka baik





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah            : SMK NEGERI 19 JAKARTA

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester          : X/1

Mater Pokok              : Kajian QS Al Hujurat : 12 , tentang Berprasangka Baik (Husnuzhan)

Alokasi Waktu           : 2 x 3 Jam Pelajaran

A.     Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami dan menerapkan pengetahuanf actual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kode
Kompetensi Dasar
No
Kode
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.
Membaca Al Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),prasangka baik (husnuzhan),dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
1.1.1
Terbiasa membaca tadarus Al Qur’an dengan Meyakini bahwa berprasangka baik ( Husnuzhan)  adalah perintah agama yang harus diamalkan  ( A5 Karakterisasi Menurut Nilai )
2.1.
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an nafs),prasangka baik (Khusnuzon), dan persaudaraan (Ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS. Al Anfal:72,Qs. AL Hujurat :10 dan 12 serta Hadist terkait.
2.1.1
Menampilkan perilaku Berprasangka baik ( Husnuzhon ) kehidupan sehari-hari (A2 Merespon )
3.1
Menganalisa QS Al Anfal :72 Qs. AL Hujurat :10 dan 12 serta Hadist terkait.tentang kontrol diri (mujahadah an nafs),prasangka baik (Khusnuzon), dan persaudaraan (Ukhuwah)
3.1.1
Menggambarkan pengertian berprasangka baik (Husnuzhan) ( C3 Penunjang )
3.1.2
Menelaah asbabun nuzul QS.Al Hujurat : 12 tentang Husnuzhan (Berprasangka baik ) ( C 4 Kunci )
3.1.3
Menyimpulkan  isi kandungan QS QS.Al Hujurat :12    ( C 4
Kunci ) )

3.1.4
Menganalisa perilaku berprasangka baik (Husnuzhan) dalam kehidupan sehari-hari (C 4 Kunci )

4.1

Membaca QS  Al Anfal :72, Al Hujurat :10, dan 12 sesuai dengan kaidah hukum tajwid dan makhrajul huruf
4.1.1
Mencoba   bacaan QS Al Hujurat :12  serta hadis terkait  sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf  ( KA 3 )
4.1.2
Menalar  hukum bacaan tajwid QS Al Hujurat :12  tentang berprasangka baik (Husnuzhan) ( KA 4 ) 

4.2.
Mendemonstrasikan hafalan  QS  Al Anfal :72, Al Hujurat :10, dan 12 sesuai dengan fasih dan lancar
4.2.1
Menyajikan hafalan ayat  QS Al Hujurat : 12  dengan lancar dan benar( KA 5)
4.2.2
Menyajikan hafalan terjemah ayat QS.Al Hujurat : 12 dengan lancar dan benar ( KA 5 )
4.3.
Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan denga kontrol diri (mujahadah an nafs),prasangka baik (Khusnuzon), dan persaudaraan (Ukhuwah) sesuai dengan pesan QS, Al Anfal :72, QS: Al Hujurat : 10 dan 12 serta Hadis terkait
4.3.1
Memperagakan tokoh yang memiliki keterkaitan antara perilaku keimanan dengan prasangka baik (Husnuzhan )( KA 5)









C.     Tujuan Pembelajaran
1.1.1.1  Melalui pembiasaan Tadarus Al Qur’an setiap pagi peserta didik dapat             meyakini bahwa BerHusnuzhan kepada Allah adalah kewajiban yang harus             dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab
2.1.1.1  Melalui tugas tugas kelompok tentang manfaat dan akibat berprasangka baik kepada Allah peserta didik  dapat menampilkan perilaku berperasangka baik (Husnuzhon) dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan penuh  tanggung jawab
3.1.1.1  Melalui diskusi kelopok peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari berprasangka baik (Husnuzhan)
3.1.1.2  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menelaah Asbabun Nuzul  QS Al Hujurat : 12 dengan benar sesuai Tafsir Al Qur’an dan  penuh Disiplin
3.1.1.3   Melalui diskusi kelompok  peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan QS Al Hujurat : 12  dengan benar sesuai Tafsir Al Qur’an dan penuh tanggung jawab
3.1.1.4  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisa perilaku berprasangka baik  dengan benar sesuai QS.Al Hujurat : 12 dan dengan tanggung jawab
4.1.1.1 Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mencontohkan cara membaca Al Qur’an  QS. Al Hujurat : 12                   dengan benar sesuai kaidah hukum tajwid dan makhraj huruf       dan komunikasi yang baik
4.1.2.1  Melalui make and match dalam mencari pasangan kartu peserta didik  dapat  menentukan hukum tajwid dari QS. Al Hujurat : 12 dengan benar sesuai kaidah hukum tajwid dan kedisiplinan
4.2.1.1  Melalui metode Short Card dalam mengurutkan ayat-ayat yang tidak beraturan peserta didik  dapat menghafal QS. Al Hujurat : 12  dengan benar dan gotong royong
   4.2.2.1  Melalui pengamatan dari buku paket agama Islam Kelas X  peserta didik
dapat menghafal terjemah QS. Al Hujurat : 12 dengan  benar dan penuh tanggung jawab
4.3.1.1   Melalui metode roleplay peserta didik dapat mencontohkan perbuatan berHusnuzhon kepada Allah dengan benar dan penuh tanggung jawab


D.     Materi Pembelajaran            
 Husnuzhan kepada Allah swt QS. Al Hujurat: 12
Konsep                                  : Memahami kandungan makna dari QS Al Hujurat : 12 sebagai bentuk Husnuzhan kepada Allah

Fakta                                     :
Ø  Lemahnya keimanan dan pemahaman agama mengakibatkan manusia mudah berprasangka buruk kepada Allah ketika mendapat musibah
Ø  Sikap berprasangka buruk kepada orang lain menjadi sebuah fenomena dimana –mana

Prinsip/dalil/teori/hukum :  QS. Al Hujurat : 12

Prosedural                            : Umat manusia harus memiliki akhlak yang baik kepada Allah, kepada Rassul Nya dan kepada sesama
Metakognitif                  :
1.     Terwujudnya masyarakat yang harmonis dan tenteram.
2.     Memperoleh kebahagiaan lahir dan batin
3.     Dicintai Allah SWT dan sesama manusia
4.     Menghindari sikap berprasangka buruk kepada Allah dan sesama manusia

E.     Metode Pembelajaran
Cooperative learning, short Card, Make and Match,diskusi,role play
Model :Problem Base Learning

F.      Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1.     Media                  :    Gambar/Poster, CD Pembelajaran Interaktif Tajwid/Video, Power Point
2.     Alat dan Bahan   :    LCD, Laptop, karton, potongan kartu
3.     Sumber Belajar   :
a.     Al Qur’an dan Terjemahnya, Kemenag RI, Halaman 128
b.     Syaamil Al Qur’an Miracle The Reference, Sygma Examedia,
c.      Buku PAI dan Budi Pekerti SMK Kelas X, penerbit Erlangga, halaman
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.     Pendahuluan                                   ( Appersepsi dan Motivasi )
Appersepsi
1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk mengawali pembelajaran (religious dan comunication)
2.     Melakukan pengkondisian peserta didik (membersihkan sampah di sekitar kelas, merapihkan baju dan atribut sekolah)–(Lingkungan Hidup, PPK). (tanggung jawab dan nasionalis)
Motivasi
1.   Memberi pesan moral tentang Berprasangka baik (Husnuzhan) (communication dan religius)
2.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (communication dan kemandirian)
3.   Menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan diperoleh. (communication dan kemandirian)
4.   Menyampaikan kompetensi dasar dan IPK yang akan digunakan. (communication dan kemandirian)
5.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan. (communication dan kemandirian)





10 menit
2.Kegiatan Inti, meliputi :                                                                                                             
A.     Merumuskan masalalah


1.     Guru membentuk kelompok. (collaboration dan gotong royong
2.      Memperhatikan salah satu peserta didik dalam membaca QS. Al Hujurat : 12  (literasi dan religius)
3.    Peserta didik menggali informasi mengenai bacaan model   secara berkelompok. (critical thinking dan kemandirian)
4.    Peserta didik mengaitkan kesesuaian cara membaca model  dengan QS Al Hujurat : 12  (critical thinking dan kemandirian)
65 menit
B.Mengembangkan kemungkinan penyebab
1.    Guru menyampaikan permasalahan tentang  bagaimana cara membaca Aqur’an, QS Al Hujurat : 12   mencari hukum tajwid, menerjemahkan, asbabun nuzul ayat  serta kandungan ayat terkait. (kemandirian dan critical thinking)
2.    Guru menugaskan peserta didik untuk menganalisis QS Al Hujurat : 12   (tanggung jawab dan creativity)
3.    Peserta didik secara berkelompok menganalisis QS Al Hujurat : 12  (gotong royong dan critical thinking)
4.    Peserta didik secara berkelompok mengembangkan tugasnya  ke dalam karton. (gotong royong dan collaboration)
5.    Ketika diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar dapat bekerjasama, tolran, peduli, responsif dan bertanggung jawab untuk melakukan      tugas diskusi kelompok.     
C.Mengetes penyebab / proses diagnosa
·       Perwakilan kelompok mempersentasikan kerja kelompok di hadapan teman-teman.
·        (Kelompok I mempresentasikan hasil diskusi tentang bacaan yang baik dan benar sesuai kaedah Ilmu Tajwid dan Makharijul Huruf, serta  kandungan tajwid dari QS Al Hujurat : 12  
·       Kelompok II mempresentasikan hasil analisa tentang asbabun nuzul ayat QS Al Hujurat : 12   tentang ber Husnuzhan dan pengertian dari Berprasangka baik (Husnuzhan)
·       Kelompok III mempresentasikan hasil identifikasi tentang makna/terjemah dan isi kandungan Hadits tentang Berhusnuzhan
·         Kelompok IV mempresentasikan hasil analisa tentang sikap  dan perilaku yang mencerminkan isi kandungan QS Al Hujurat : 12  ; serta haditsdan memeragakannya ( tanggung jawab dan comunicatin)
·       Peserta didik dari kelompok lain memperhatikan hasil persentasi dengan seksama. (literasi dan integritas
·       Selama pembelajaran berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terhadap peserta didik terkait dengan kerjasama, tanggung jawab, toleran, santun dan responsive peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas (penilaian proses). Juga memperhatikan cara peserta didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume, langsung diingatkan.

D.Mengevaluasi
Peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan (critical thinking)

3.     Penutup
1.     Guru memfasilitasi dan membimbing  Peserta didik untuk membuat kesimpulan. (critical thinking dan tanggung jawab)
2.     Guru Memfasilitasi dan membimbing salah satu Peserta didik untuk merefleksi proses pembelajaran. (kemandirian dan collaboration)
3.     Guru memberikan penilaian teknik lisan
4.     Guru menugaskan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa penutup. (communication dan religius)
15 menit


Pertemuan II
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.     Pendahuluan
APPERSEPSI
2.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk mengawali pembelajaran (religious dan comunication)

3.     Melakukan pengkondisian peserta didik (membersihkan sampah di sekitar kelas, merapihkan baju dan atribut sekolah)–(Lingkungan Hidup, PPK). (tanggung jawab dan nasionalis)
MOTIVASI
4.     Memberi pesan moral tentang berprasangka baik  . (communication dan religious)
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (communication dan kemandirian)
6.     Menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan diperoleh. (communication dan kemandirian)
7.     Menyampaikan kompetensi dasar dan IPK yang akan digunakan. (communication dan kemandirian)
8.     Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan. (communication dan kemandirian)




10 menit
2. Kegiatan Inti, meliputi :                                                                                                             A. Merumuskan masalalah


1.     Peserta didik memperhatikan Buku paketPAI Kelas X  Bab II materi QS Al Hujurat : 12   tentang Husnuzhan    (literasi dan religius)
2.     Guru membentuk kelompok. (collaboration dan gotong royong)
3.     Peserta didik membaca dan menghafal secara berkelompok. (critical thinking dan kemandirian)
65 menit
B.Mengembangkan kemungkinan penyebab
1.     Guru memfasilitasi dan  menyampaikan sintak short Card   dalam materi QS Al Hujurat : 12  kemudian membagikan kartu secara acak kepada masing-masing kelompok (kemandirian dan critical thinking)
2.     Guru menugaskan setiap kelompok untuk menyusun potongan ayat yang tidak beraturan menjadi susunan yang benar dari QS Al Hujurat : 12    (tanggung jawab dan creativity)
3.     Peserta didik secara berkelompok menganalisis QS Al Hujurat : 12  dengan menyusun menjadi benar dan menempelkan di papan tulis sesuai dengan waktu yang ditentukan  (gotong royong dan critical thinking)
4.     Peserta didik secara berkelompok menempelkan karton potongan  ayat ke papan tulis secara berlomba-lomba. (gotong royong dan collaboration)
5.     Ketika diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar dapat bekerjasama, peduli, responsif dan bertanggung jawab untuk melakukan  tugas  kelompok.     


C.Mengetes penyebab / prose diagnosa
1.     Guru memfasilitasi dan menyampaikan sintak Make and Match dalam materi QS Al Hujurat : 12   kemudian membagikan pasangan kartu ayat dan hukum tajwid  serta pasangan kartu ayat dan arti kata  kepada setiap peserta didik secara acak dan tertutup( kemandirian dan critical thinking)
2.     Guru mempersilahkan peserta didik untuk mencari pasangannya (tanggung jawab dan comunicatin)
3.     Peserta didik berdiri dan mencari pasangan kartunya keliling kelas  (tanggung jawab dan comunicatin,critical thinking  )
4.     Peserta didik yang telah menemukan pasangannya langsung berdiri di depan dan akan mendapat reward dari guru (tanggung jawab dan comunicatin)
5.     Peserta didik  yang tidak menemukan pasangannya berdiri di belakang kelas dan akan mendapat punishment berdasarkan kesepakatan bersama ( tanggung jawab dan comunicatin )
6.     Selama pembelajaran berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terhadap peserta didik terkait dengan kerjasama, tanggung jawab, toleran, santun dan responsive peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas (penilaian proses).

D.Mengevaluasi
Peserta didik  menghafal QS Al Hujurat : 12   secara individu  (critical thinking)




3.Penutup
1.     Guru memfasilitasi dan membimbing Peserta didik untuk merangkum  (critical thinking dan tanggung jawab)
2.     Guru memfasilitasi dan membimbing salah satu Peserta didik untuk merefleksi proses pembelajaran. (kemandirian dan collaboration)
3.     Guru menugaskan  salah satu Peserta didik untuk memimpin doa penutup. (communication dan religius)
15 menit


H.    Penilaian
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa (Bukti terlampir pada Buku Praktikum dan Penilaian PAI dan Budi Pekerti). Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyususn laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas (Terstruktur)
·       Mengisi rubik tentang Berprasangka baik (Husnuzhan).
·       Mengidentifikasi bacaan tajwid yang terdapat dalam QS Al Hujurat : 12  

1.     Penilaian Sikap
a.     Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan:
Menganalisis isi kandungan QS Al Hujurat : 12   serta Hadits tentang Husnuzhan
Makna Husnuzhan  dan menerapkannya dalam kehidupan.
b.     Penilaian antar teman (lembar penilaian antar teman terlampir)
c.      Penilaian diri (lembar penilaian diri terlampir)
d.     Jurnal (lembar jurnal terlampir)
2.     Penilaian pengetahuan
Tes tulis; essay (soal, kunci, penskoran terlampir)
3.     Penilaian keterampilan
a.     Projek Membuat Kaligrafi QS.Al Hujurat : 12
b.     Praktik
·       Membaca QS Al Hujurat : 12   sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·       Menghafal QS Al Hujurat : 12  sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf.
c.      Portofolio
·       Tuliskan semua aktivitas keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan masyarakat di buku Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Tugas mandiri).
Catatan:
·       Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20% remedial bersifat individual, 50% bersifat kelompok dan di atas 50% bersifat klasikal), dengan cara dijelaskan kembali oleh guru dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.
·       Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM 80 diadakan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas X atau tugas yang telah disiapkan guru.


Jakarta,     April 2019
Mengetahui
Kepala SMKN 19                                                                                 Guru Mata Pelajaran

Drs. Suhendar                                                                                                             Titin Nafisah





Lampiran Rubrik Peilaian Diri
Format Rubrik Berprasangka Baik
Isilah dengan memberikan tanda (Ö) pada kolom jawaban yang sesuai dengan keadaan kalian!
No
Pernyataan
Jawaban
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
1
Bila saya mengalami musibah saya tetap berprasangka baik kepada Alllah .




2
Ada seseorang yang menawarkan minuman di dalam bis, saya berprasangka  baik dengan menerima minuman tersebut




3
Apabila saya berdo’a kepada Allah dan tidak dikabulkan saya tetap berprasangka baik mungkin Allah akan mengganti yang lebih baik.




4
Walaupun secara fisik saya memiliki kekurangan mungkin hidung saya pesek atau tubuh saya gendut saya tetap berprasangka baik kepada Allah




















LEMBAR KERJA SISWA
            Sekolah           : SMKN 19 Jakarta
            Materi             : QS. Al Hujurat :12 tentang Berprasangka baik (Husnuzhan)
            Kelas               : X/ 1
            KD                    :  Menganalisa QS. Al Hujurat :12
             
  1.  Kelompok      :
Anggota Kelompok :
1.                                                                     4.
2.                                                                     5.
3.                                                                     6.
 B.        Alat dan Bahan :  Karton dan Spidol
C.         Langkah-langkah : Menganalisa QS. Al Hujurat :12
D.         Pertanyaan :
  1. Tulislah ayat Al Qur’an QS. Al Hujurat : 12 dengan benar ?
  2. Bacalah ayat Al Qur’an QS. AL Hujurat : 12 dengan benar ?
  3. Tentukanlah hukum tajwid yang ada dalam QS. Al Hujurat :12 ?
  4. Sebutkan asbabunnuzul dari QS. AL Hujurat: 12?
  5. Jelaskan pengertian dari Husnuzhan ?
  6. Tuliskan terjemah ayat  dari QS. AL Hujurat: 12?
  7. Tentukanlah perilaku yang termasuk dalam kategori berprasangka baik dan tampilkanlah perilaku tersebut ?





LEMBAR KERJA KETERAMPILAN SISWA
            Sekolah           : SMKN 19 Jakarta
            Materi             : QS. Al Hujurat :12 tentang Berprasangka baik (Husnuzhan)
            Kelas               : X/ 1
            KD                    :  Menganalisa QS. Al Hujurat :12
             
  1.  Kelompok      :
Anggota Kelompok :
1.                                                                     4.
2.                                                                     5.
3.                                                                     6.
B. Langkah –langkah
1. Amatilah  dengan sungguh-sungguh model dari kelompok lain yang bertugas membacakan ayat AL Qur’an dari QS. Al Hujurat : 12 !
2. Berilah penilaian model tersebut berdasarkan indikator di bawah ini !
Kelompok
SKOR PENILAIAN

Tidak ada kesalahan
Kesalahan 1-5
Kesalahan 6-10
Kesalahan 11-15
Kesalahan 16-20
Kesalahan lebih dari 20
Keterangan
100
90
80
70
60
50





























































Lampiran Penilaian Aspek Sikap
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA KELOMPOK)
Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester  : X/ 1
Topik                   : BerHusnuzhan
 

Kelompok       : ……………………………………
Nama Siswa    : ……………………………………

1.     …………………………………………                     4. …………………………………………

2.     …………………………………………                     5. …………………………………………

3.     …………………………………………                     6. …………………………………………




Petunjuk pengisian:
Berilah tanda chek list (Ö) pada kolom yang sesuai dengan perilaku siswa dalam kerja kelompok selama proses pembelajaran berlangsung.
No
Aspek yang diobservasi
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok




2
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok




3
Kerjaama antar siswa dalam belajar kelompok




4
Menghargai pendapat teman dalam satu kelompok




5
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain




Jumlah




Total

Nilai Akhir (total /5)



RUBRIK PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(TUGAS KELOMPOK)
Aspek
Kriteria
Skor
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Ketepatan argumentasi
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1

MK       = 4,00
MB      = 3,00 – 3,99
MT       = 2,00 – 2,99
BT        = 1,00 – 1,99

Keterangan:
BT        : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT      : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB      : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK      : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
No
Nama Siswa
Skor Aktivitas Siswa
Jml
NA
Interaksi
Kerjasama
Kesungguhan
Menghargai dalam kelompok
Menghargai kelompok lain
1








2








3








4








5
























DAFTAR NILAI SISWA ASPEK SIKAP DALAM PEMBELAJARAN
TEKNIS NON TES BENTUK PENGAMATAN

Kualifikasi Nilai Akhir (NA) Penilaian Sikap

Skor
Kualifikasi
1.0     – 1,99
Sikap Kurang (K)
2,00 – 2,99
Sikap Cukup (C)
3,00 - 3,99  
Sikap Baik (B)
4,00
Sikap Sangat Baik (SB)




INSTRUMEN ANTAR TEMAN

            Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
            Kelas/Semester          : X/1
            Topik                           : Berprasangka Baik (Husnuzhan)
Nama Siswa    :
NIS                   :
A.     Petunjuk
1.     Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
2.     Berikanlah tanda cek (Ö) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
KD/Pernyataan
Tanggapan
Verifikasi Guru
1
Melaksanakan syari’at Islam
TP
KD
SR
SL
Ya
Tidak
2
Mentaati peraturan sekolah






3
Perduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar






4
Membantu teman yang sedang menghadapi kesulitan dalam belajar






5
Membantu teman yang sedang menghadapi kesulitan ekonomi atau menghadapi masalah







B.     Tabel Pedoman Penyekoran
Tanggapan
Keterangan
Skor
SL
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
SR
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
3
KD
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2
TP
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1

C.     Tabel Penilaian
Skor
Nomor
Jumlah
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
Maksimal
4
4
4
4
4
20


Capaian









Nilai = S Skor Pernyataan/Skor Maksimal * 4

INSTRUMEN PENILAIAN DIRI

            Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
            Kelas/Semester          : X
            Topik                           : berprasangka baik (Husnuzhan)
Nama Siswa    :
NIS                   :
A.     Petunjuk
1.     Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
2.     Berikanlah tanda cek (Ö) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
KD/Pernyataan
Tanggapan
Verifikasi Guru
1
Saya menjalankan shalat lima waktu
TP
KD
SR
SL
Ya
Tidak
2
Saya melaksanakan shalat sunnah baik di rumah atau di sekolah






3
Saya melaksanakan tadarrus di sekolah






4
Saya melaksanakan tadarrus di rumah






5
Saya mendengarkan atau membaca tentang siraman rohani







B.     Tabel Pedoman Penyekoran
Tanggapan
Keterangan
Skor
SL
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
SR
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
3
KD
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2
TP
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1

C.     Tabel Penilaian
Skor
Nomor
Jumlah
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
Maksimal
4
4
4
4
4
20


Capaian








Nilai = S Skor Pernyataan/Skor Maksimal * 4



KISI-KISI
 SOAL LATIHAN QS. AL HUJURAT :12 Tentang Berprasangka Baik ( Husnuzhan )
Kelas : X /1
KOMPETENSI DASAR
IPK
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NO.SOAL
3.1 Menganalisa QS. Al Hujurat : 12
3.1.1 Menggambarkan pengertian Husnuzhan
Ditampilkan potongan ayat dari QS. Al Hujurat :12, peserta didik dapat menjelaskan arti dari berprasangka baik 
Essay
1

SDA
Ditampilkan potongan  ayat dari QS.Al Hujurat;12, peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari  Tajassasu   
Essay
2

3.1.2
Menjelaskan tentang AsbabunNuzul QS.Al Hujurat :12
Ditampilkan terjemah QS. Al Hujurat : 12 peserta didik dapat menjelaskan asbabun nuzul dari ayat tersebut
Essay
3

3.1.3
Menyimpulkan isi kandungan QS. Al Hujurat :12
Ditampilkan sifat-sifat perbuatan tercela, peserta didik dapat menentukan yang termasuk perbuatan buruk dari kandungan QS. Al Hujurat : 12  
Essay
4

3.1.4 Mengidentifikasi perilaku berprasangka baik (Husnuzhan) dalam kehidupan sehari-hari
Ditampilkan wacana tentang berprasangka baiik (Husnuzhan), cerminan kandungan ayat  dari QS. Al Hujurat :12 ,peserta didik  dapat menunjukkan  perilaku berprasangka baik yangsesuaidengan QS. Al Hujurat  12
Essay
5



INSTRUMEN PENILAIAN
            Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
            Kelas/Semester          : X/1
            Topik                           : Kajian QS Al Hujurat : 12  tentang Husnuzhan
Nama Siswa    : …………………………………………..
Kelas               : …………………………………………..
Nomor Absen : …………………………………………..
Petunjuk Mengerjakan :
1.     Kerjakan soal-soal berikut dengan cermat, teliti, jujur dan secara mandiri
2.     Perhatikan intruksi dari GPAI dan sikap dalam mengerjakan soal akan diamati oleh guru
Soal :
  1.                                    
Lawan dari Berprasangka buruk adalah Berprasangka baik, arti dari berprasangka baik adalah ?
  1.     

Apa yang dimaksud dengan Tajassasu?
  1. “ Wahai orang-orang yang beriman jauhilah olehmu berprasangka,sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa...” (QS. Al Hujurat:12). Tuliskan asbabun nuzul dari ayat di atas?
  2. Munafik, pembohong, ghibah, tajassus, fitnah, merupakan contoh sifat dari perebuatan buruk, manakah sifat perbuatan buruk yang sesuai dengan kandungan QS. Al Hujurat :12 ?
  3. Hari ini pengumuman UN Mita lulus dengan nilai bagus, dia merasa itu semua karena usahanya setimpal dengan perjuangannya  belajar sungguh-sungguh, Amri tidak lulus UN dia kecewa dan hampir bunuh diri, Indah juga tidak lulus UN dia hanya pasrah kepada Allah dan yakin ada rencana indah yang Allah siapkan untuknya, Aqilah lulus UN dengan nilai baik, dia merasa itu hanya karena sayang Allah kepadanya. Siapakah diantara mereka yang telah bersikap berprasangka baik sesuai dengan QS.Al Hujurat :1


Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Penilaian Kemampuan Pengetahuan
Kunci Jawaban :
No
Kunci Jawaban
Skor
1
Selalu berfikir positif terhadap segala keputusan Allah
10
2
Tajassus adalah : mencari cari kesalahan orang lain dan membuka aibnya
Ghibah adalah   :Menyampaikan keadaan orang tentang sesuatu yang tidak disukainya dibelakangnya
20
3
Menurut Ibnu Munzir dan Ibnu Juraij. Ayat ini turun berkaitan dengan kebiasaan Salman Al Farisi yang makan lalu tidur dengan mendengkur. Sebagian orang membicarakannya, maka turunlah ayat ini yang melarang umat islam untuk menggunjing dan mengumpat
20
4
Ghibah, Tajassasus dan fitnah
20
5
Indah
30

Total skor
100

Penskoran       Nilai                = Jumlah Skor
                        L (Lulus)          = Nilai >80
                        U (Ulang)        = Nilai <80











Lampiran Penilaian Aspek Keterampilan

Lampiran Penugasan Projek
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PROJEK
(KERJA Kelompok)

            Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
            Kelas/Semester          : X/ 1
            Topik                           : Berprasangka baik (Husnuzhan)
Kelompok       : …………………………………………..
Nama Siswa    : …………………………………………..

1.     …………………………………………..
2.     …………………………………………..
3.     …………………………………………..
4.     ……………………………………………
5.     ……………………………………………
6.     ……………………………………………

Petunjuk Penugasan Kelompok :
1.     Bersama teman Anda, carilah informasitentang berprasangka baik dari berbagai sumber. Kemudian buatlahlaporannya. Kumpulkan pada saat pertemuan berikutnya
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai/Skor Maksimal
Jumlah Skor
Kelengkapan
Kesesuaian materi
Kualitas Tulisan
Ketepatan waktu
3
3
3
3
12
1






2






3






4






dst












Rubrik Penilaian Aspek Ketrampilan
Dalam Bentuk Penugasan Projek
(Kerja Kelompok)

Aspek
Kriteria
Skor
I.       Kelengkapan
Ada semua komponen tugas
3
Ada satu bagian komponen tidak ada
2
Ada lebih dari satu bagian yang tidak ada
1
II.   Kesesuaian dengan materi

Tugas yang dikumpulkan sesuai dengan materi
3
Tugas keluar dari materi
2
Tidak sesuai materi
1
III. Kualitas materi laporan
Lengkap, logis, sistematis, sesuai tujuan
3
Logis, sistematis, sesuai tujuan, tidak lengkap
2
Logis, tidak sistematis, tidak sesuaitujuan, kurang lengkap
1
IV. Ketepatan waktu
Tugas dikumpulkan tepat waktu
3
Terlambat melebihi waktu
2
Tidak mengumpulkan tugas
1

 
Cataan :  *4 = Sangat Baik                       3 = Baik
                  2 = Sedang                  1 = Kurang baik













Lampiran Penilaian Praktik
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PRAKTIKUM
(KERJA INDIVIDUAL)
            Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
            Kelas/Semester          : X/1
            Topik                           : Kajian QS Al Hujurat : 12  tentang Berprasangka baik
Nama Siswa    : …………………………………………..
Kelas               : …………………………………………..
Nomor Absen : ………………………………………….
Soal
Bacalah QS Al Hujurat : 12  sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf!
Hafalkan QS Al Hujurat : 12   sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf

Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
Ø  Kelancaran
Ø  Bacaan tajwid
Ø  Makhraj
·       Membaca dengan lancar
·       Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj
100
·       Membaca dengan lancar
·       Melakukan 1 – 5 kesalahan tajwid dan makhraj
90
·       Melakukan 6 – 10 kesalahan tajwid dan makhraj
80
·       Melakukan 11 – 15 kesalahan tajwid dan makhraj
70
·       Melakukan 16 – 20 kesalahan tajwid dan makhraj
60
·       Melakukan lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhraj
50
Penskoran :     Nilai                = Jumlah Skor
                                    L (Lulus)          = Nilai >80
                                    U (Ulang)        = NIlai <80

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas XII, Kajian QS. ALiImran/3 : 190-191 dan Hadis tentang Berpikir Kritis,Objektif, dan seimbang

BAB 1 Kajian Q.S. Ali Imran/3 : 190-191 dan Hadits tentang Berpikir Kritis, Objektif, dan Seimbang Kompetensi Dasar 1.1      Terbiasa membaca Al-Quran sebagai pengamalan   dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis. 2.1      Bersikap kritis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3 : 190-191, serta hadits terkait. 3.1      Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3 : 190-191, serta hadits tentang berpikir kritis. 4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3 : 190-191, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.1.2    Mendemostrasikan hafalan Q.S. Ali Imra/3 : 190-191 dengan lancar. 4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang orang berakal ( ulil albab ) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3 : 190-191. A.   Kajian Q.S. Ali Imran/3 : 190-191 tentang Berpikir Kritis, Objektif, dan Seimbang. 1. Bacaan إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّي

MAteri kelas XII-kajian QS.Ali Imran/3 :159 dan Hadis tentang Demokrasi dalam Islam

BAB 2 Kajian Q.S. Ali Imran/3 : 159 dan Hadits tentang Demokrasi dalam Islam Kompetensi Dasar 1.1      Terbiasa membaca Al-Quran sebagai pengamalan   dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk bersikap demokratis. 2.1      Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3 : 159, serta hadits terkait. 3.1      Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3 : 159, serta hadits tentang bersikap demokratis. 4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3 : 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.1.2    Mendemostrasikan hafalan Q.S. Ali Imra/3 : 159 dengan lancar. 4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara demokratis dengan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3 : 159.      A. Kajian Q.S. Ali Imran/3: 159 Tentang Demokrasi dalam Islam     1. Bacaan فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِك

Materi QS. Lukman ayat 13-14

BAB 3 Kajian Q.S. Lukman/31 : 13-14 dan Hadits tentang Konsistensi Beribadah sebagai Perwujudan Syukur kepada Allah swt Kompetensi Dasar 1.2   Meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah swt. 2.2Berbuat baik kepada manusia sesuai perintah Q.S. Lukman/31: 13-14, serta hadits terkait. 3.2      Menganalisis dan mengevaluasi makna   Q.S. Lukman/31: 13-14, serta hadits tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah swt. 4.2.1    Membaca   Q.S. Lukman/31: 13-14, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.2.2    Mendemostrasikan hafalan Q.S. Lukman/31: 13-14 dengan lancar. 4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban berbadah dan bersyukur kepada Allah swt.dengan berbuat baik kepada terhadap semua manusia   sesuai pesan   Q.S. Lukman/31: 13-14 A. Kajian Q.S. Lukman/31: 13-14 Tentang Konsistensi Beribadah   sebagai Perwujudan Syukur kepada Allah swt.         1.Bac